Jumat, 30 September 2016

Manfaat Mengkonsumsi Susu Ibu Hamil

Masa kehamilan adalah masa yang sangat penting bagi pertumbuhan janin dalam kandungan. Sehingga asupan makanan ibu hamil harus dijaga dengan baik. Jangan sampai mengkonsumsi makanan yang gak baik bagi ibu hamil. Saya sendiri memilih untuk menghindari makanan yang mengandung pemanis buatan. Meski saat gak hamil sekali pun saya juga menghindari hal ini. Untuk menjaga asupan nutrisi untuk ibu hamil saya memperbanyak makan buah dan sayur. Selain itu terkadang juga saya meminum susu ibu hamil. Tapi memang gak pernah sampai rutin sih. Kadang saya bosan dengan rutinitas minum susu. Minum sesukanya aja, hehe.



Kadang nih, saat hamil muda ibu hamil mudah sekali terkena morning sickness. Ini adalah kondisi di mana ibu hamil merasakan mual dan muntah hebat saat pagi hari. Jika dibiarkan kondisi ini dapat memperburuk ibu hamil. Alhamdulillah, saya belum pernah sampai parah begitu. Paling juga mual sedikit aja. Setelah itu makan mangga muda dan berkurang mualnya. Tapi kan tiap ibu hamil berbeda masalahnya. Sehingga ada juga susu hamil yang bagus untuk mengatasi mual dan muntah.

Manfaat Susu Hamil

Mengkonsumsi susu hamil pada masa kehamilan sebenarnya opsional. Gak semua orang harus mengkonsumsi susu ibu hamil. Tapi kadang sulit banget untuk memenuhi asupdan nutrisi selama masa kehamilan. Selain karena kesalahan cara memasak sehingga menyebabkan makan yang kita makan kehilangan kandungan nutrisinya, ibu hamil kadang juga jadi orang yang pemilih saat makan. Beberpa ibu hamil ada yang anti makan daging, karena setiap makan daging bawaannya mual. Padahal daging memiliki nutrisi yang bagus untuk ibu hamil jika dimakan dalam porsi yang pas. Untuk itu melengkapi nutrisi pada masa kehamilan dapat dengan mengkonsumsi susu ibu hamil.


Mencegah Resiko Cacat Lahir

Pada susu ibu hamil yang bagus terkandung banyak nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Contohnya adalah asam float. Asam Folat adalah vitamin yang sering diresepkan oleh dokter kandungan. Asam Folat merupakan vitamin B9 yang dapat membantu pertumbuhan sel-sel baru yang sehat. Pada masa kehamilan Asam Folat berfungsi untuk mencegah cacat pada janin.

Mencegah Anemia

Ibu hamil memang rentan sekali terkena penyakit anemia. Sehingga gak heran yah kalau banyak ibu hamil yang merasa lemas dan lesu pada awal kehamilan. Untuk mengatasi anemia ini ibu hamil dapat mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah seperti bayam, daging merah atau buah stroberi. Bisa juga dengan meminum susu ibu hamil. Pada susu hamil, selain Asam Folat pada susu hamil juga terdapat zat besi yang dapat mencegah ibu hamil dari anemia.

Mengurangi Mual dan Muntah

Pada ibu hamil yang mengalami morning sickness, mual dan mutah tentu saja bukan hal yang menyenangkan. Apalagi jika terlalu sering mengalami muntah, ibu dapat terkena dehidrasi. Beberapa merk susu hamil ada yang mengklaim bahwa susunya dapat mengurangi mual dan muntah yang diakibatkan perubahan hormon ini.

Membantu Pembentukan Jaringan Pada Janin

Pada masa kehamilan janin mengalami perkembanagan dari segumpal darah hingga menjadi janin yang nantinya bernyawa. Proses ini perlu didukung dengan asupan nutrisi yang cukup. Dengan kandungan nukleotida pada susu ibu hamil, dapat membantu membangun blok-blok DNA dan RNA.

Susu Ibu Hamil Dapat Dikonsumsi Pada Masa Menyusui

Selain dikonsumsi oleh ibu hamil, ternyata ada juga susu ibu hamil yang dapat dikonsumsi pasca melahirkan yaitu masa menyusui. Apalagi masa menyusui adalah masa yang gak kalah penting dari masa kehamilan. Beberapa ibu ada yang merasa kesulitan memenuhi nutrisi saat masa menyusui. Karena mungkin sudah terlalu sibuk dengan buah hatinya. Untuk menjaga asupan nutrisi saat masa menyusui bisa dengan mengkonsumsi susu untuk ibu menyusui.

Mengkonsumsi susu ibu hamil atau gak, semua itu tergantung kebutuhan. Jadi gak perlu memaksakan diri untuk selalu mengkonsumsi susu hamil. Apalagi kalau gak doyan yah. Kayak saya nih yang pilih-pilih banget kalau minum susu hamil. Tapi yang penting jaga asupan makanan dijaga dan banyak berdoa. Semoga kehamilannya sehat selalu ya! ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar