Sabtu, 25 November 2017

4 Jenis Genset dengan Kelebihan dan Kekurangannya

Genset merupakan pembangkit listrik alternatif yang biasa digunakan saat keadaan darurat ketika ada pemadaman listrik. Genset juga digunakan untuk keperluan industri dimana genset lebih diandalkan karena tidak ada resiko mesin pabrik terhenti karena pemadaman. Genset model lampau hanyalah model diesel yang menggunakan solar. Banyak toko hanya jual genset lovol. Namun seiring dengan berkembangnya zaman, jenis mesin genset menjadi bermacam-macam. Berikut jenis-jenis genset yang beredar di pasaran.


1. Genset dengan Tenaga Gas

Genset yang satu ini bisa dikatakan genset inovasi terbaru yang memanfaatkan gas sebagai bahan bakar. Genser yang satu ini bisa dihidupkan dengan menggunakan gas LPG atau CNG. Untuk keawetan dan jangka waktu listrik, CNG lebih sering digunakan. Akan tetapi penggunaan gas LPG lebih mudah dibanding CNG yaitu cukup dengan menggunakan selang. Pada gas CNG, harus disediakan konektor tersendiri. Genset dari gas tidak begitu berisik dan lebih stabil namun perawatan dari genset lebih rumit.

2. Genset dengan Tenaga Bensin

Salah satu jenis genset yang lebih sering digunakan karena bahan bakar yang lebih mudah didapat. Genset yang satu ini menggunakan tenaga yang dihasilkan dari pembakaran bensin. Kelebihan genset ini tentunya dari sisi perawatan lebih sederhana dibandingkan dengan genset gas. Selain itu, listrik yang dihasilkan juga cukup stabil. Hanya saja genset yang satu in cenderung boros bahan bakar dan penggunaan terus-menerus juga tidak dianjurkan karena bensin termasuk bahan bakar yang bisa langka di pasar jika mengalami penurunan jumlah dengan skala tinggi.

3. Genset dengan Tenaga Diesel

Genset dengan tenaga diesel adalah genset yang lebih sering digunakan oleh kebanyakan orang. Genset ini merupakan genset yang paling pertama muncul. Kelebihan genset ini ialah penggunaannya yang lebih mudah dibandingkan dengan genset lain. Sedangkan untuk kekurangan genset ini, pengoperasian genset ini cenderung berisik serta boros bahan bakar. Akan tetapi dari segi harga, genset dengan mesin berbahan bakar diesel lebih terjangkau dan lebih mudah ditemukan di toko-toko genset yang kebanyakan jual

4. Genset Portable

Jenis pengembangan teknologi genset terbaru ialah genset portabel. Tidak seperti jenis genset lainnya yang biasanya berbentuk besar dan tidak bisa dipindahkan dengan mudah, genset portabel berbentuk lebih kompak dengan bentuk yang lebih kecil dan ringkas serta bisa dibawa kemana-mana. Meskipun memiliki kapasitas yang lebih kecil, genset portabel bisa diandalkan saat pergi berkemping dan aktivitas outdoor lainnya. Salah satu toko yang jual genset lovol hingga genset portabel ialah eragenset.com. Disini genset yang dijual lengkap dengan berbagai tipe yang ditawarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar