Rabu, 08 November 2017

MPASI 6 Bulan yang Mudah Dibuat

Setiap pasangan yang menikah pasti menginginkan momongan secepatnya. Bahkan bagi orang yang tidak segera memiliki momongan kadang memberikan kesedihan tersendiri. Padahal, momongan adalah hal yang tidak bisa diprediksi kedatangannya. Banyak hal yang kadang menghalangi seseorang untuk punya momongan. Mulai dari kemandulan, jarangnya melakukan hubungan bersama pasangan, dan cara serta waktu yang kurang pas juga mempengaruhi seseorang cepat punya momongan.


Ternyata cobaan pernikahan pun tidak berhenti di sana. Ketika sudah punya momongan pun biasanya masih ada problema-problema yang akan ditemui. Misalnya keputusan untuk memberikan ASI eksklusif atau tidak. Masih banyak perempuan zaman sekarang yang termakan iklan dengan susu formula. Dalam benak mereka susu formula lebih baik dari ASI. Padahal sebaliknya, ASI jauh lebih baik dari susu formula. Bahkan pihak susu formula sendiri sering memberikan peringatan bahwa ASI adalah makanan yang terbaik untuk bayi. Jika kamu tidak percaya, coba kamu cek sendiri di kardus atau kaleng susu formula, pasti ada peringatan itu.

Setelah bayi diberikan ASI eksklusif selama 6 bulan, maka fase berikutnya adalah ibu bingung dengan Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang akan diberikan untuk bayi tercintanya. Banyak sekali ibu-ibu muda bahkan ibu-ibu yang sudah tua dan telah punya banyak anak sebelumnya juga masih bingung mengenai MPASI yang baik dan mudah dibuat untuk anaknya.

MPASI 6 bulan untuk bayi tercinta yang mudah dibuat sebenarnya banyak sekali. Tinggal kamu saja mau mencari info tersebut atau tidak. Berikut ini adalah beberapa menu MPASI 6 bulan yang mudah dibuat dan mudah kamu praktikkan di rumah untuk bayi di atas 6 bulanmu.

Biasanya untuk tahap awal MPASI 6 bulan ini para ibu lebih banyak yang menggunakan serealia, contohnya bubur beras yang sudah difortifikasi dengan zat besi atau oats. Namun, jika kamu ibu yang sedikit berbeda dengan ibu kebanyakan, biasanya akan memikirkan menu MPASI 6 bulan variasi lainnya. Misal seperti buah yang empuk. Mengapa mengambil buah yang empuk? Tentu saja agar memudahkan anak dalam mengkonsumsinya. Beberapa contoh buah empuk yang bisa digunakan untuk menu MPASI adalah alpukat, pepaya, dan pisang. Untuk penyajiannya, bisa dikerok lalu langsung ditawarkan ke anak.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan buah yang teksturnya keras, namun masih bisa dikonsumsi oleh bayi 6 bulanmu. Buah-buah ini antara lain: apel, pir, semangka, dan melon. Untuk apel dan pir dikukus, sedangkan semangkan dan melon bisa langsung diberikan pada anak.

Tak hanya buah-buahan, kamu bisa memberikan variasi MPASI 6 bulan berupa sayuran seperti wortel, kentang, ubi, dan bayam. Kamu juga bisa mulai memberikan daging ayam dan daging sapi, tentunya setelah dikukus atau direbus sampai empuk sehingga bayimu bisa mengkonsumsinya. Selain itu, yang lebih murah lagi kamu bisa menggunakan tahu atau kacang merah untuk mengganti daging.

Itulah MPASI 6 bulan yang mudah dibuat. Semoga tulisan ini bermanfaat.

1 komentar:

  1. 4 bulan lagi bakalan ribet sama urusan mpasi ini. hihihi

    BalasHapus