Rabu, 21 November 2018

Astra Ingin Wujudkan Lingkungan Bersih dan Hijau di Gampong Alue Naga Aceh

Terus mengembangkan program kontribusi sosial, PT Astra International Tbk menjadikan Gampong Alue Naga, Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh menjadi salah satu desa binaan dalam program Kampung Berseri Astra alias KBA. Alue Naga menjadi desa ke-65 di Indonesia yang masuk dalam program KBA. Pasca diresmikan tahun kemarin, Alue Naga pun berhak menjadi desa yang menerima penyaluran dana CSR dari Astra.

Foto: Harian Merdeka
https://harianmerdeka.com/pt-astra-bina-gampong-alue-naga/

Melalui program Kampung Berseri Astra ini, salah satu visi utama Astra adalah mewujudkan sebuah desa yang mempunyai lingkungan bersih dan hijau. Wujud lingkungan tersebut akan menjadikan masyarakatnya lebih sehat, produktif dan cerdas sehingga mencerminkan empat pilar CSR Astra yaitu Pendidikan, Kewirausahaan, Kesehatan serta Lingkungan.

Astra menjalin kerjasama dengan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Syiah Kuala untuk melancarkan programnya. Beberapa kegiatan dibentuk mulai dari pengembangan PAUD, kemudian pelatihan kader lingkungan, gotong royong penghijauan desa, membuat rumah tiram sampai dengan membuat tambak ikan yang ramah lingkungan. Untuk menunjang kemajuan di bidang wirausaha, Astra juga mengadakan sosialisasi pembentukan kelompok usaha rakyat sampai dengan pelatihan membuat olahan dari aneka ikan dan tiram. Bahkan juga pembinaan serta pembentukan koperasi rakyat.

Tidak hanya satu pihak saja yang digandeng Astra demi mewujudkan visi di Kampung Berseri Astra Alue Naga Aceh. Astra juga bekerjasama dengan Puskesmas serta Posyandu di desa setempat. Pihak-pihak yang digaet untuk diajak bekerjasama oleh Astra melaksanakan sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat setempat. Selain itu juga melakukan pengembangan kader Posyandu desa Gampong Alue Naga.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Astra di Gampong Alue Naga untuk mewujudkan sebagai Kampung Berseri Astra tidak hanya sampai di situ saja. Hal lain lagi yang masuk dalam program kegiatan diantaranya adalah pembuatan papan nama, pembuatan peta dan juga petunjuk arah jalan, sampai dengan pendirian dua gapura desa. Dalam hal perkembangan teknologi era kini, Astra juga menyiapkan untuk membuat website dan akun media sosial demi semakin banyak lagi masyarakat yang tahu perkembangan di kampong ini. Pemasangan jaringan internet pun masuk dalam jajaran program kegiatannya.

Astra menaruh harapan besar agar semangat yang diberikan pada Kampung Berseri Astra Alue Naga Aceh di kedepannya nanti dapat menjadikan desa yang bersih, sehat, produktif dan juga cerdas sesuai dengan visi utamanya. Sehingga Alue Naga dapat menjadi contoh desa yang ada di Provinsi Aceh. Pihak Astra juga berharap agar semua bantuan yang disalurkan dapat diatur dengan baik agar manfaat yang didapat juga optimal.

Alue Naga sendiri diresmikan sebagai salah satu Kampung Berseri Astra langsung oleh Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman. Kala itu peresmiannya ditandai dengan dilepasnya bibit udang windu sebanyak 50.000 di kawasan hutan mangrove Alue Naga. Bapak Wali Kota mengapresiasi atas program besar yang dihadirkan oleh Astra ini.


Salah satu kegiatan yang tak dipungkiri oleh Wali Kota sebagai program yang begitu baik adalah pemberdayaan petani tiram di Alue Naga. Besar harapan agar kedepannya program KBA ini dapat membuat para petani tiram lebih terlatih serta lebih berkembang dalam hal teknik ataupun non tekniknya. Agar pembudidayaan di Alue Naga lebih mudah serta hasilnya lebih banyak dibareng dengan kualitas yang semakin meningkat.

Tiram sendiri sangat mudah berkembang di Aceh dan pada dasarnya memang tiram sudah dibudidayakan di sini. Sayangnya metode budidaya yang diterapkan sebelumnya masih menggunakan metode terdahulu. Program budidaya tiram di Rumah Tiram semakin mengalami perkembangan yang signifikan pasca mendapat apresiasi dalam program Satu Indonesia Awards yang diberikan oleh Astra International.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar