Sabtu, 23 Maret 2019

Inilah Beragam Fungsi Zat Besi untuk Berbagai Kondisi Kesehatan

Pernahkah Anda mendengar tentang zat besi? Zat besi adalah salah satu mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah sedikit yang banyak terdapat dalam sayuran hijau seperti bayam, kangkung hijauan lainnya. Fungsi utama zat besi dalam tubuh manusia adalah sebagai katalisator atau stimulan produksi sel darah merah yang memiliki fungsi vital dalam tubuh manusia. Selain dibutuhkan dalam jumlah standar pada kondisi manusia normal, zat besi juga dibutuhkan dalam jumlah yang lebih tinggi untuk kondisi-kondisi tertentu. Berikut ini adalah beberapa kondisi pada manusia yang membutuhkan asupan zat besi lebih banyak dibandingkan sebelumnya.



1. Kondisi diare

Pada manusia yang mengalami diare, ia akan lebih banyak mengeluarkan cairan melalui proses buang air besar. Selain dehidrasi dikhawatirkan nutrisi penting juga ikut terbuang tanpa sempat diserap terlebih dahulu termasuk zat besi. Bahkan bagi mereka yang beraknya terdapat darah atau berwarna hitam, menandakan terjadinya pendarahan dalam akibat penyakit yang diderita. Pada kondisi inilah pentingnya suplementasi zat besi pada kondisi diare sehingga dapat membantu pembentukan sel darah merah yang baru.

2. Ibu hamil

Ibu hamil membutuhkan zat besi lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Pembentukan sel darah merah bukan hanya terjadi pada ibu namun juga untuk janin yang ada di dalam kandungan. Kurangnya asupan zat besi akan mengakibatkan ibu mengalami anemia karena pembentukan sel darah merah baru akan lebih diprioritaskan pada bayi. Pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia tersebut menjadikan semua suplemen ibu hamil serta susu ibu hamil mengandung kadar zat besi yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan ibu.

Meski banyak sekali manfaat zat besi untuk manusia dalam keadaan normal maupun pada kondisi tertentu, namun jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan mengandung zat besi juga bisa mengakibatkan tubuh menjadi lemas. Karenanya, jika kondisi tubuh normal atau tidak sakit, perbanyaklah makanan yang beraneka ragam sehingga nutrisi yang didapatkan lengkap dan seimbang. Namun jika sakit atau pada kondisi tertentu yang membutuhkan satu zat tertentu, maka perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung zat tersebut untuk mempercepat proses penyembuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar