Tips Cermat Membasmi Kutu Busuk atau Kepinding yang Berkeliaran di Rumah

Kepinding atau kutu busuk merupakan salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh masyarakat Indonesia. Hewan penghisap darah ini termasuk hama yang sangat mengganggu dan cukup banyak ditemukan di bagian-bagian rumah seperti kasur ataupun sofa. Hama ini memiliki kemampuan adaptasi dan bertahan hidup yang mengerikan. Mereka dapat bertahan hidup tanpa makan hingga lima bulan.


Salah satu hal yang menyebabkan kutu busuk lebih mudah berkembang biak di negara tropis seperti Indonesia adalah karena cuaca yang cenderung lembab sehingga hama ini lebih mudah berkembang biak. Untuk mengatasi hama kutu busuk di rumah, ada beberapa langkah yang bisa Anda terapkan seperti berikut ini.

Panduan Mengusir Hama Kepinding dari Rumah

Meski termasuk hama yang memiliki kemampuan cukup tinggi dalam bertahan hidup, bukan berarti hama ini tidak dapat dibasmi dari rumah Anda. Berikut adalah cara yang bisa dilakukan untuk memastikan hama ini hilang dari rumah:

1. Membersihkan Bagian Sela Kasur

Bagian sudut-sudut kasur dan juga sofa atau tempat duduk menjadi tempat idaman bagi kutu busuk untuk berkembang biak dan tinggal. Jika ingin agar kutu busuk dapat dibasmi dari rumah Anda, mulailah dengan membersihkan sela-sela kasur termasuk sofa. Anda bisa memanfaatkan vacuum cleaner untuk menyedot kotoran di sekitar sela kasur ataupun menggunakan sapu biasa.

Agar lebih mudah, pertama-tama gunakan senter untuk menyinari bagian yang sempit ini dan lihat apakah ada kotoran di sana. Bersihkan kotoran yang ada di sudut ini menggunakan benda yang cukup kecil tapi kuat. Geser kotoran keluar dan sedot dengan vacuum cleaner atau sapu.

2. Mencuci Seprei dan Pakaian

Seluruh pakaian dan seprei yang ada di rumah sebaiknya segera dicuci untuk memastikan tidak ada sisa telur kutu busuk yang tertinggal di pakaian ataupun seprei. Anda bisa mencucinya di mesin cuci dengan suhu yang diatur pada suhu 46 hingga 49 derajat Celcius. Selain menggunakan mesin cuci juga bisa dengan cuci manual menggunakan air hangat di suhu tersebut. Rendam dan cuci selama lebih kurang 30 menit. Air panas dan uapnya mampu membunuh telur-telur kutu busuk.

3. Menjemur Kasur

Kasur ataupun sofa setelah dibersihkan sebelumnya dapat dijemur di bawah terik sinar matahari. Tujuannya untuk memastikan kutu busuk lari ataupun mati dengan panasnya sinar matahari. Anda dapat menjemur kasur dan sofa berturut-turut selama beberapa hari setiap siang hari agar kutu busuk menghilang.

4. Menyemprot dengan Insektisida

Cara ini merupakan cara terakhir atau pamungkas setelah seluruh tahapan pembasmian kutu busuk di atas dilakukan. Anda bisa melakukan semprot fogging di seluruh bagian kasur dan sofa dan juga daerah di sekitarnya. Gunakan insektisida pembunuh serangga yang dibuat khusus untuk membuat seluruh kutu busuk mati.

Salah satu contoh insektisida untuk kutu busuk adalah yang mengandung zat asam borat. Zat asam borat akan masuk ke bagian terkecil dari celah tempat tidur dan membunuh kutu busuk dan telurnya yang ada di dalam sarang.

Ada beberapa tanda yang bisa membantu Anda mengetahui keberadaan dari kepinding yang ada di kasur. Bau apek dari kasur bisa menjadi salah satu tanda utama dari keberadaan kutu busuk di kasur. Kutu busuk ini akan aktif di malam hari dan menggigit orang di sekitarnya hingga menimbulkan rasa gatal seperti terbakar. Pastikan agar tempat dimana Anda tidur selalu bersih agar terhindar dari gigitannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar