Upaya Medan dalam Membangun Kota Tertib Lalu Lintas

Medan terus membenahi diri dalam aspek lalu lintas untuk dapat mendukung perkembangan kota menjadi lebih baik. Kelancaran transportasi memang menjadi salah satu faktor utama yang sangat menunjang pertumbuhan perekonomian kota ke arah positif. Ada berbagai upaya yang terus dilakukan kota Medan untuk menjadi yang terbaik terutama dalam akses lalu lintas dan kemudahan dalam berkendara. Perbaikan demi perbaikan terus dilakukan untuk membuat Medan menjadi salah satu kota yang ramah terhadap pengguna jalan. Yang dimaksud dengan pengguna jalan tidak hanya mereka yang mengendarai kendaraan bermotor saja tetapi termasuk pengguna sepeda dan pejalan kaki.



Ada berbagai upaya yang selalu dilakukan secara rutin untuk membuat Medan dapat menjadi salah satu kota ramah pengguna jalan. Adapun upaya tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Pembangunan pedestrian dan trotoar


Pejalan kaki dan pengguna sepeda akan semakin nyaman dengan dibangunnya ruang khusus untuk pejalan kaki dan pengguna sepeda. Dalam pembangunan dan perawatan trotoar dan pedestrian, peran dan kesadaran masyarakat juga perlu diberikan. Kesadaran yang utama adalah dengan tidak menggunakan bahu trotoar untuk membuka usaha. Hal ini akan membuat pejalan kaki menjadi terganggu.

2. Perbaikan jalan raya secara rutin


Perbaikan jalan secara rutin juga kerap dilakukan oleh pemerintah untuk membuat jalan raya yang ada dapat dilalui dengan mudah. Berbagai perbaikan terutama dilakukan menjelang hari raya. Hal ini karena pada saat hari raya, ada tradisi mudik yang membuat banyak orang bepergian dari dan ke kota Medan.

3. Melakukan studi dalam rekayasa lalulintas untuk membuat lalulintas semakin lancar


Studi mengenai rekayasa lalu lintas terus dilakukan untuk membuat strategi bagaimana cara pengaturan lalu lintas yang tepat untuk membuat banyak orang dapat menggunakan jalan dengan nyaman dan aman.

Selain berbagai hal yang dilakukan pemerintah, pewujudan kelancaran dalam lalu lintas juga harus didampingi dengan kesadaran masyarakat atas pentingnya mematuhi peraturan dan rambu lalu lintas. Tertib berlalu lintas menjadi salah satu hal yang mutlak di lakukan. Medan kini menjadi salah satu kota yang memiliki masyarakat dengan kesadaran tertib lalu lintas yang semakin baik setiap harinya. Hal ini tentunya merupakan kerja keras berbagai pihak dalam mengedukasi masyarakat untuk dapat menaati peraturan dan memberi pengertian bahwa peraturan dan tata tertib berlalu lintas diciptakan bukan sekedar untuk dipatuhi saja tetapi juga demi keselamatan diri dan pengendara lain selama berada di jalan raya.


Inspirasi 60 tahun Astra yang terus membangun bangsa juga menjadi salah satu hal yang membanggakan. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang otomotif, Astra selalu memberikan produk yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat dan tidak pernah berhenti dalam turut serta membangun bangsa. Seperti halnya Astra, Medan juga menjadi salah satu kota penuh inspirasi yang terus berkembang dan menjadi lebih baik setiap tahunnya.

1 komentar: