Cara Melancarkan Haid Supaya Darah Haid Tidak Menggumpal

Haid tidak lancar akan membuat para wanita merasakan sakit di iringi demam dan pusing di awal-awal haid. Namun hal ini bisa di atasi dengan cara mempelajari bagaimana cara melancarkan haid supaya darah haid tidak menggumpal dan akan mengurangi rasa sakit di awal haid. Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melancarkan haid.


1. Membiasakan Diri Untuk Berolahraga

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membiasakan diri untuk berolahraga secara teratur. Namun jenis olahraga yang direkomendasikan adalah jenis-jenis olahraga ringan seperti senam, jogging, jalan santai, yoga, dan olahraga ringan lainnya.

Olahraga yang rutin dan teratur mampu meregangkan otot-otot di dalam perut dan rahim sehingga saat siklus menstruasi datang tubuhmu sudah siap dan haid akan lancar. Minimal beberapa hari sebelum siklus haid datang, biasakan untuk melakukan senam pagi atau jogging.

2. Berusaha Untuk Mengendalikan Stress

cara melancarkan haid yang kedua meskipun stress adalah suatu hal yang sangat sulit untuk di hindari, namun kamu harus berusaha untuk mengendalikan stress. Ketika stress mulai menyerang, cobalah untuk rileks dan atur nafas serta jaga emosi supaya tetap normal dan stabil.

Jika kamu stress akibatnya hormone kostisol menjadi berlebihan dan akan menyebabkan haid tidak lancar. Jangan jadikan stress menjadi penyebab tidak lancarnya siklus haid.

3. Mengonsumsi Makanan Pelancar Haid

Mengonsumi makanan yang bisa melancarkan haid, maka akan membantu siklus haidmu yang biasanya tidak lancar akan menjadi normal kembali.

Berikut makanan yang bisa melancarkan haid:

a. Kacang

Di dalam kacang terdapat kandungan asam lemak omega 3 yang ampuh untuk mengatasi masalah siklus haid yang tidak lancar. Namun hal ini tidak berlaku jika kamu memiliki alergi kacang.

b. Sayuran

Selain kacang, sayuran juga mampu mengatasi tidak lancarnya siklus haidmu. Sebab sayuran di perkaya oleh vitamin yang sangat di butuhkan oleh tubuhmu.

c. Buah

Kandungan vitamin dalam buah sangat tinggi, maka dari itu dengan mengkonsumsi buah bisa membantu memperlancar siklus haidmu dan darah haid tidak akan menggumpal.

4. Mengkonsumsi Ramuan atau Jamu Tradisional

Jamu merupakan ramuan tradisional yang mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan dalam tubuhmu. Berikut jenis jamu yang bisa kamu konsumsi untuk melancarkan haid.

a. Kunyit

Kunyit memiliki khasiat yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh, salah satu manfaatnya adalah membantu memperlancar haid, dengan kamu mengkonsumsi ramuan kunyit, maka siklus haidmu akan kembali normal.

b. Daun Pepaya

Meskipun daun pepaya memiliki rasa yang sangat mengganggu lidah, namun khasiat buat pepaya banyak sekali loh. Salah satunya untuk membantu memperlancar haid.

Jika kamu ingin siklus haidmu lancar dan tidak mengalami penggumpalan darah, maka wajib ikuti tips cara melancarkan haid di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar