Sering Mengalami Hal Ini Saat Hamil? Konsultasikan di Dokter SehatQ!

Momongan adalah hal yang paling didambakan saat seseorang sudah menikah. Namun, tak jarang seseorang ketika proses program hamil, susah untuk hamil. Bahkan beberapa orang harus melangsungkan proses yang panjang untuk bisa hamil. Tentu saja hal itu menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Sebagian orang lainnya, sangat mudah untuk hamil. Bahkan bisa berkali-kali hamil dalam jarak yang cukup singkat.

Proses hamil itu sendiri pun ternyata membuat beberapa orang mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan. Tak sedikit yang mual, sakit punggung, dan sejenisnya. Semua itu mereka hadapi demi mendapatkan momongan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang sering dialami wanita yang sedang hamil.

Tubuh Lemas dan Mengantuk

Di awal kehamilan biasanya wanita akan mengalami perubahan hormon dalam tubuhnya. Perubahan ini membuat tubuh lemas dan sering kali mengantuk. Jika kamu menjumpai istrimu lemas dan sering mengantuk, jangan dimarahi yah. Memang seperti itu orang yang hamil muda. Jangan lupa kamu kasih makanan yang bergizi agar tubuh istri tidak terlalu lemas dan gampang mengantuk.

Kaki Kram

Orang hamil memang sering kali mengalami hal-hal yang tidak jelas. Tiba-tiba kaki kram. Menyebalkan memang. Namun, ini terjadi karena beban dalam perutnya yang menekan dan membuat otot menjadi tegang. Jika kamu menjumpai istrimu mengalami ini, kamu bisa memberinya suplemen kalsium untuk mengurangi kaki yang sering kram.

Perut Kram

Proses kehamilan membuat pinggul perempuan membesar, begitu juga dengan perutnya. Proses ini tak jarang membuat perut wanita hamil menjadi kram. Jika kamu menjumpai ini pada istrimu, ajak dia untuk berbaring pada sisi yang berlawanan dengan bagian perut yang kram. Selain itu, ajak dia untuk riles, minum air, atau mandi air hangat. Setidaknya hal-hal tersebut bisa jadi solusi untuk beberapa kasus perut kram.

Sembelit

Saat hamil, seorang wanita akan sering sembelit. Hal ini karena perubahan hormon dan perut menekan usus. Cara mengatasi sembeli pada ibu hamil adalah dengan banyak minum, makan makanan berserat tinggi, dan hindari mengonsumsi suplemen zat besi.

Tangan dan Kaki Bengkak

Tangan dan kaki bengkak juga menjadi masalah yang cukup mengganggu pada ibu hamil. Biasanya tangan dan kaki bengkak jika wanita tersebut sudah mencapai trimester kedua dan ketiga. Cara mengatasi hal ini adalah dengan mengurangi konsumsi garam dan hindari berdiri atau duduk terlalu lama.

Sering Buang Kecil

Jika usia kehamilan sudah menua, maka wanita hamil akan terganggu dengan sering buang air kecil. Apalagi di malam hari, hal ini akan sering terjadi. Untuk mengatasi hal ini bisa dengan mengurangi minum saat mau tidur. Namun, di pagi dan siang hari, minum tetap harus banyak yah. Kalau kurang minum, nanti malah jadi sembelit.

Sesak Napas

Karena perut makin besar, maka sesak napas sering kali terjadi pada ibu hamil. Cara untuk menghindari risiko sesak napas adalah dengan banyak berolahraga dan mengurangi makan demi menjaga berat badan tubuh tetap ideal.

Keputihan

Keputihan lebih sering dialami oleh ibu hamil karena memang respons tubuh untuk menjaga daerah rahim dari infeksi. Tak hanya itu, keputihan juga berfungsi untuk melembutkan dinding rahim. Semakin mendekati melahirkan, maka tingkat kekentalan keputihan akan semakin meningkat. Jika kamu takut dengan keputihan yang di luar kebiasaan, kamu bisa konsultasi ke dokter kandungan.

Sakit Punggung

Masalah lainnya dari ibu hamil adalah sakit punggung. Hal ini dirasakan oleh ibu hamil yang usia kehamilannya sudah tua dan harus beraktivitas yang cukup padat. Cara menghilangkan sakit ini adalah dengan sering beristirahat di tengah-tengah pekerjaan.

Itulah beberapa hal yang bisa timbul di ibu hamil. Jika dirasa mengganggu, kamu bisa melakukan kunjungan ke dokter kandungan untuk konsultasi keluhan yang istrimu alami. Kamu juga bisa booking dokter secara online di aplikasi mobile SehatQ. Booking dokter SehatQ sangat mudah, tanpa antri, dan sering ada promo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar