Tips Agar Prosedur Perpanjangan Pajak 5 Tahunan Berjalan Lancar

Memahami prosedur perpanjangan pajak 5 tahunan menjadi sebuah keharusan. Pajak 5 tahun juga bertepatan dengan ganti plat motor. Setiap pemilik kendaraan harus mendaftarkn kendaraan ke Samsat sebelum dioperasikan. 

Pendaftaran tersebut dilakukan agar memperoleh BPKB serta STNK dan TNKB. STNK serta TNKB ini berlaku 5 tahun serta harus dilakukan pengesahan setiap setahun sekali. Syaratnya harus melakukan pembayaran biaya perpanjangan STNK tahunan. 

Nantinya, setiap melakukan pengesahan tahunan lembar STNK, STNK akan dibubuhi stiker atau cap di kolom tersedua. Jika kolom sudah penuh, sudah saatnya TNKB diganti.

Tips Agar Prosedur Perpanjangan Pajak 5 Tahunan Lancar

Melakukan perpanjangan pajak 5 tahunan memang membutuhkan beberapa langkah. Berikut tips agar perpanjangan pajak dapat dilakukan dengan lancar, antara lain:

Ketahui biaya terlebih dahulu

Agar proses perpanjangan pajak berjalan dengan lancar, usahakan Anda mengetahui biaya pajaknya terlebih dahulu. Salah satu cara untuk mengetahui biaya pajak dengan melakukan pengecekan secara online.

Bila dilihat dari jenis kendaraan. Kendaraan roda dua serta tiga memiliki biaya ganti plat motor sebesar Rp 60 ribuan, sedangkan perpanjangan STNK Rp 100 ribuan serta biaya pengesahan sebesar Rp 25 ribuan.

Untuk kendaraan roda empat atau lebih, biaya ganti plat motor sebesar Rp 100 ribuan, biaya perpanjangan STNK sebesar Rp 200 ribuan sedangkan biaya pengesahan STNK sebesar Rp 50 ribuan. 

Ketahui seluruh syaratnya dengan baik

Jika biaya sudah Anda ketahui, berikutnya adalah mengetahui seperti apa prosedur penggantiannya di Samsat. Anda juga harus mencatat berbagai macam syarat yang diminta untuk melakukan penggantian plat. 

Syarat yang harus dibawa adalah STNK, kemudian KTP asli pemilik, BPKB asli serta motor yang akan dibayar pajaknya. 

Mengetahui syarat dengan baik menjadi hal wajib agar nantinya Anda tidak perlu bolak-balik berkali-kali hanya untuk menyiapkan berbagai macam berkas untuk mengurus perpanjangan pajak. 

Bawa pulpen sendiri

Ketika melakukan perpanjangan pajak, nantinya Anda harus mengisi berbagai macam formulir. Agar tidak perlu mengantre dalam waktu lama untuk menggunakan pulpen. 

Bila syarat ganti plat sudah siap, Anda dapat langsung menuju ke Samsat Induk yang berada di daerah Anda. 

Usahakan datang pagi

Perpanjangan pajak 5 tahunan biasanya sangat rame, oleh sebab itu usahakan Anda datang ke Samsat di pagi hari, sehingga tidak membuang banyak waktu untuk menunggu. 

Prosedur perpanjangan pajak 5 tahunan sebenarnya mudah. Jika syarat sudah dimiliki, tidak perlu menggunakan calo, Anda bisa melakukan pembayaran secara online kemudian datang mengambil plat ke Samsat secara langsung. Penggunaan calo biasanya membutuhkan biaya tambahan hingga Rp 100 ribuan, dibandingkan dengan harus membayar calo, lebih baik membayar sendiri, bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar