Berbagai Istilah Pengiriman Dalam Dunia Ekspedisi Luar Negeri

Ekspedisi luar negeri mungkin menjadi hal yang tidak asing bagi kamu yang sering melakukan pengiriman ke berbagai macam negara. Logistic sendiri merupakan proses yang kaitannya erat dengan aktivitas perencanaan serta pengawasan perpindahan barang ke sebuah lokasi tujuan. 

Aktivitas logistic sendiri berkaitan erat dengan pengiriman barang. Ketika kamu sedang mengirim barang, pasti akan membaca istilah-istilah tertentu bukan. Berikut berbagai macam istilah dalam dunia pengiriman barang, antara lain:

Shipper

Shipper memiliki arti pengirim atau eksportir.  Biasanya, identitas Shipper ini seperti alamat, nama, hingga nomor kontak. Identitas seperti ini harus tertera di dalam dokumen logistic. 

Consignee

Consignee atau yang juga sering disingkat dengan cnee merupakan importir atau penerima. Biasanya identitas yang tercantum dalam kolom Consignee ini seperti nama, nomor kontak, hingga alamat yang jelas harus dicantumkan dalam dokumen logistic. 

Description of goods

Description of goods sebenarnya merupakan informasi yang berkaitan dengan barang yang dikirimkan. Biasanya, description of goods ditulis oleh bagian packing, description of goods juga tertulis dengan garis besar di bagian bill of landing. 

Shipping mark & number

Shipping mark & number merupakan istilah yang digunakan untuk memberikan keterangan kemasan barang untuk tanda pengirimanb. Shipping mark & number biasanya berada pada bagian packing list serta bill of landing. 

Packing list

Istilah lainnya adalah packing list. Dalam dunia ekspedisi luar negeri, packing list sebenarnya berisi informasi secara mendetail mengenai nama pengirim, penerima hingga item barang. Packing list juga berisi data-data lain yang diperlukan dalam proses pengiriman barang. 

Bill of lading

Bill of lading atau yang disingkat dengan BL merupakan bukti serta tanda terima pengiriman maupun pengembalian barang. Bill of lading digunakan untuk bukti kepemilikan barang serta bukti perjanjian pengangkutan. 

DO 

DO atau Delivery Order, dalam dunia logistic merupakan bukti tanda terima pengambilan barang. Biasanya, Delivery Order ini menunjukkan bukti pengambilan yang diberikan shipping agen. 

Part of shipment

Part of shipment merupakan pengiriman barang dengan menggunakan container yang berisi nama pengirim dan hanya memiliki 1 tujuan lokasi penerima.

N.W

N.W sendiri merupakan singkatan yang berarti net weight. N.W memiliki arti berat bersih barang. Perhitungan N.W berdasarkan berat barang saja sehingga tidak termasuk bagian kemasannya. 

G.W

G.W merupakan berat kotor barang. Sehingga G.W merupakan berat badang yang dihitung beserta kemasannya juga. 

LCL

LCL memiliki singkatan Less Than Container, LCL memiliki arti pengiriman tanpa container sehingga barang dikirim ke gudang kemudian pihak gudang mengumpulkan beberapa pengiriman sampai cukup loading container.

Setelah mengenal berbagai macam istilah dalam dunia pengiriman barang, pastikan kamu memilih jasa ekspedisi profesional. KILO.ID menjadi salah satu pilihan ekspedisi profesional terpecaya, bahkan kirim paket dari Australia bisa lebih mudah dengan menggunakan KILO.ID. Hubungi KILO.ID untuk mendapatkan penawaran tarif terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar