Resep Membuat Ayam Dadu Kalasan dengan Mudah

Memasak memang bukan hal yang sederhana. Bahkan beberapa perempuan mengelak bahwa perempuan tidak harus bisa memasak. Padahal memasak ini kan lifeskill yang harus dipunyai, meskipun cuma bisa masak air dan mi instan saja. Hehe.

Banyak orang enggan memasak karena potensi untuk gagal di awal itu sangat besar. Ya, itu sih wajar. Bayi juga tidak langsung bisa lari 'kan yah. Perlu iterasi yang banyak untuk bisa jago memasak. Dengan banyaknya latihan memasak, insting memasakmu akan semakin bagus.

Namun, buat kamu yang kurang bisa memasak, namun ingin masak masakan yang spesial, kamu bisa menggunakan bantuan Kobe Bumbu Komplit.

Kobe Bumbu Komplit ini banyak variannya loh. Namun, kali ini saya membahas tentang Kobe Bumbu Kalasan.

Buat kamu yang pernah makan ayam goreng Kalasan di Jawa Tengah, kamu bisa loh bikin ayam goreng Kalasan versi kamu dengan bantuan Kobe Bumbu Kalasan ini. Tidak harus jago masak, kamu pasti bisa membuat olahan ayam pakai Kobe. Target kali ini adalah membuat Ayam Dadu Kalasan Spesial.

Cara Membuat Ayam Dadu Kalasan Spesial

Pertama-tama, kamu harus menyiapkan daging ayam, jeruk nipis, dan Kobe Bumbu Kalasan. Untuk daging ayam, lebih baik kamu beli yang fillet yah untuk menghemat waktu agar tidak perlu lagi memisahkan daging ayam dari tulangnya. Untuk ukurannya, cukup 400 gram ayam saja.

Setelah bahan sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah kamu potong-potong daging ayam yang sudah dicuci dengan bentuk potongan seperti dadu. Kemudian rendam ayam dadu tersebut dengan perasan jeruk nipis dan tuang Kobe Bumbu Kalasan, lumuri ayam dadu hingga merata. Diamkan sekitar 15 menit.

Langkah selanjutnya adalah panaskan minyak dalam wajan terlebih dulu. Jika minyak sudah panas, mulai masukkan potongan ayam dadu ke dalam penggorengan. Goreng hingga matang dan warna kekuningan. Kemudian tiriskan hingga minyak pada ayam dadu berkurang. Lalu sajikan.

Sumber: http://www.dapurkobe.co.id/ayam-dadu-kalasan-spesial

Bagaimana? Sangat mudah 'kan memasak ayam dadu Kobe ini? Resep ini saya ambil dari Dapur Kobe.

Selain ayam dadu Kobe, kamu bisa memasak menu Kalasan Kobe lainnya. Hanya saja jika daging tidak berbentuk dadu, marinasi ayam pakai Kobe Bumbu Kalasan ini perlu agak lama hingga meresap.

Kreasi Masakan Lainnya dengan Kobe Bumbu Kalasan

Selain menu masakan ayam dadu Kalasan, kamu bisa membuat kreasi Kobe Bumbu Kalasan dengan bahan lainnya.

Kali ini saya mengkreasikan Kobe Bumbu Kalasan ini dengan tempe. Target saya adalah membuat tempe bacem ala Kalasan. Caranya cukup mudah. 

Siapkan tempe satu papan. Biasanya seharga 4 ribu hingga 5 ribu rupiah. Lalu bersihkan dan potong sesuai selera.

Setelah itu siapkan panci berisi air setengah panci atau secukupnya dan masukkan Kobe Bumbu Kalasan. Air pada panci panasnya hingga terlihat ada gelembung air. Setelah itu masukkan tempe dan beri sedikit kecap. Aduk hingga bumbu dan kecap merata. Biarkan hingga air pada panci menjadi surut. Kemudian matikan api.

Langkah selanjutnya adalah menggoreng tempe yang sudah berbumbu Kalasan tersebut. Siapkan wajan dengan minyak yang panas. Setelah itu masukkan tempe dan goreng hingga agak kecokelatan. Tiriskan dan tempe bumbu Kalasan sudah siap disantap dengan nasi.

Bagaimana? Mudah bukan?

Selain itu, kamu bisa mengganti tempe dengan lauk lainnya. Misal dengan tahu. Kobe Bumbu Kalasan membuat rasa masakan manis, gurih, dan berempah hingga sangat cocok digunakan untuk memasak berbagai macam lauk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar