Selasa, 04 November 2014

Wedang Ronde Pondan

Kemarin akhirnya ibu saya kesampaian juga niatan untuk membuat wedang ronde. Karena ibu saya tidak tahu bahan apa saja untuk membuat wedang ronde, ibu saya memutuskan untuk membeli bahan Wedang Ronde dari Pondan.

Sekilas kalian akan menyangka bahwa wedang ronde ini berasal dari Jawa. Sebenarnya, makanan wedang ronde ini berasal dari Cina. Tangyuan, begitulah nama makanan khas tradisional Cinta ini. Hanya saja diadopsi oleh orang Jawa dengan menambahkan cita rasa yang berbeda dengan wedang jahenya.

Wedang ronde ini sangat disarankan untuk dimakan orang yang sedang masa pemulihan dari sakit (bukan diabetes). Aroma jahe hangat yang ada di wedang ronde ini sangat merangsang nafsu makan untuk cepat sembuh.

Cara membuat wedang ronde ini sangat mudah. Pondan sudah menyediakan dua sachet, satu isi tepung ronde; satunya lagi isi bubuk jahe. Kalian tinggal ikuti cara penyajiannya di kardus Wedang Ronde Pondan ini. Sangat mudah seperti halnya memasak mie instan; hanya saja ini agak memakan waktu lebih lama karena harus bikin bulatan dari adonan tepung rondenya.

Bagaimana rasanya? Dari pengalaman saya sendiri, ronde ini cocok jika dimakan ketika wedang jahenya masih hangat. Jika wedang jahenya sudah dingin kurang menyegarkan. Satu lagi, atur tingkat kemanisan dari wedang jahe yang kalian buat. Kalian bisa menambahkan air jika kalian anggap terlalu manis. Selamat mencoba.

3 komentar:

  1. Baru tau Pondan ngeluarin ini. Makasih infonya .

    BalasHapus
  2. aku baru tahu lho mbak wedang ronde dari China, aku juga seneng banget itu mbak kalo malam di simpang 5 semarang suka jajan wedang ronde..

    salam kenal mbak

    BalasHapus