Selasa, 23 Februari 2016

Inilah 5 Cara Mengatasi Bau Mulut

Sebagai seorang muslim sudah seharusnya kita menjaga kebersihan gigi terutama mulut. Salah satu masalah mulut yang dapat menggangu orang lain adalah bau mulut. Tentu aja tidak enak jika saat berbicara dengan lawan bicara ternyata mulut kita bau. Orang yang diajak ngomong pun akhirnya jadi serba salah. Mau bilang mulut kita bau bisa saja orangnya sungkan. Jadi kita sendiri yang harus paham ketika mulut kita sedang bau. Untuk mengatasi bau mulut ternyata tidak terlalu sulit. Berikut adalah cara mengatasi bau mulut.

Gigi
Gigi

Menyikat Gigi Secara Teratur

Penyebab bau mulut biasanya dikarenakan gigi berlubang atau sisa makanan pada mulut. Oleh karena itu kita harus rajin menyikat gigi secara teratur agar mulut terhindar dari sisa makanan pada mulut yang dapat menyebabkan gigi berlubang. Dan jika gigi kamu sudah berlubang kamu harus ekstra menyikat gigi lagi karena sisa makanan akan mudah menempel pada gigi yang sudah berlubang. Dan hal ini dapat menyebabkan bau mulut. Sikat lah gigi dengan pasta gigi yang mengandung florida untuk mencegah gigi berlubang. Dan biasakan menyikat gigi sebelum tidur agar sisa makan tidak membusuk dan menyebabkan bau mulut.

Berkumur dengan Obat Kumur Dalam Dosis yang Sesuai

Setelah menyikat gigi disarankan untuk berkumur dengan obat kumur yang dapat menghilangkan bau mulut. Tapi tentu saja dengan dosisi yang sesuai. Karena penggunaan obat kumur diluar dosis dapat menyebabkan bau mulut. Apalagi jika obat kumur yang digunakan mengandung alkohol. Penggunaan yang melebihi dosis pada obat kumur yang mengandung alkohol ini akan memperparah bau pada mulu karena bakteri yang baik ikut mati juga.

Perbanyak Minum Air

Salah satu cara mengatasi bau mulut adalah dengan banyak meminum air. Mulut yang kering cenderung bau. Hal ini dikarenakan bakteri baik pada mulut membutuhkan air agar dapat tetap hidup. Jika tubuh kekurangan air maka bakteri baik ini dapat mati dan menyebabkan bau pada mulut. Biasakan meminum air lebih dari dua liter perharinya untuk menjaga agar kondisi mulut tetap lemab.

Menghindari Makanan Penyebab Bau Mulut

Selain disebabkan oleh gigi, bau mulut juga dapat disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi. Salah satu makanan yang dapat menyebabkan bau mulut adalah bawang. Apalagi jika bawang ini tidak melalu proses pemasakan terlebih dahulu maka baunya akan sangat menyengat. Tapi bukan berarti kita tidak boleh makan bawang ya. Kita tetap bisa memakan bawang tapi setelah memakan bawang lebih baik menyikat gigi. Minimal berkumur dengan air atau obat kumur penghilang bau mulut.

Konsultasi Ke Dokter Secara Rutin

Penyebab bau mulut sangatlah beragam, bisa saja disebabkan oleh banyak faktor termasuk gigi yang berlubang. Oleh karena itu kita harus rutin memeriksakan gigi ke dokter secara rutin untuk memantau kesehatan gigi dan mulut. Dengan begitu permasalahan bau mulut dapat diatasi sedini mungkin.

Mencegah Bau Mulut Lebih Baik

Bagi kamu yang tidak memiliki permasalahan bau mulut, cara mengatasi bau mulut yang dipaparkan tadi tetap dapat kamu praktekan. Karena kunci dari permasalahan bau mulut adalah gigi yang bermasah. Maka dari itu sangat penting menjaga kesehatan gigi dan mulut. Jika gigi dan mulut sudah sehat maka bau mulut  tidak akan timbul. Bukan kah mencegah bau bulut lebih baik dari pada sampai terkena bau mulut kan? Jangan lupa ya selalu biasakan menyikat gigi sebelum tidur!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar