Beberapa Cara Merawat Kulit Wajah


Sebagai seorang wanita memang sudah seharusnya merawat tubuh. Apalagi kulit wajah karena bagian kulit ini cukup sensitif. Merawat kulit wajah harus disesuaikan dengan kondisi kulit yang kamu miliki. Ada berbagai macam kulit wajah yang kita kenal yaitu, kulit berjerawat, kulit berminyak, kulit sensitif, kulit normal dan kulit kering. Tiap jenis kulit wajah ini memiliki cara merawat kulit wajah yang berbeda-beda. Sehingga kita perlu berhati-hati saat merawat kulit wajah.

Semua jenis kulit wajah memang memiliki cara perawatan yang berbeda-beda. Jadi kenali dulu jenis kulit kamu agar tidak salah saat melakukan perawatan kulit wajah. Yuk kita simak cara merawat kulit wajah menurut jenis kulitnya.

Cara Merawat Kulit Wajah Berjerawat

Penyebab timbulnya jerawat pada wajah adalah minyak berlebih dan juga kotoran yang menempel pada wajah. Maka dari itu untuk merawat kulit wajah yang berjerawat kita harus rutin membersihkan muka sehari dua kali. Selain itu menghindari scrubbing pada wajah. Scrubbing pada wajah yang berjerawat akan memperparah kondisi jerawat. Hal ini dikarenakan jerawat bergesekan dengan butiran scrub yang kasar dan menimbulkan radang. Perbanyaklah minum air dan kurangi konsumsi makanan berlemak agar jerawat pada wajah lekas menghilang.

Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak

Wajah berminyak mungkin kelihatannya memang masalah sepele. Tapi tahu gak sih dari wajah berminyak ini bisa berujung jadi jerawat? Jadi jangan sepelekan masalah ini yah. Untuk merawat kulit berminyak, kamu harus rutin mencuci muka tiap hari. Meski wajah kamu berminyak, bukan berarti kamu tidak perlu memakai pelembab yah. Kamu tetap harus memakai pelembab yang khusus untuk kuli berminyak. Jangan lupa untuk selalu sedia oil control film untuk menyerap minyak di wajah kamu kapan saja.

Cara Merawat Kulit Kering

Meski memiliki wajah berminyak bukan hal yang menyenangkan. Tapi wajah yang terlalu kering pun juga tidak bagus loh! Kulit wajah yang terlalu kering dapat membuat wajah kamu lebih cepat keriput. Sehingga kamu harus sering melembabkan wajah kamu dengan pelembab khusus wajah kering. Dan jangan terlalu sering mencuci muka karena dapat memperparah kulit yang kering. Selalu usahakan memperbanyak minum air untuk melembabakan kulit dari dalam. Kamu juga bisa menggunakan masker dari bahan alami untuk menutrisi kulit dari luar.

Cara Merawat Kulit Sensitif

Memiliki kulit sensitif mungkin kelihatannya bukan masalah. Tapi ternyata kulit sensitif ini membutuhkan perawatan yang ekstra. Pilihlah produk perawatan kulit yang cocok untuk kulit sensitif. Kamu juga bisa mencoba beberapa kosemtik herbal yang aman.

Merawat Kulit Wajah Dari Dalam

Selain cara macam-maca cara merawat berbagai jenis kulit wajah di atas, sebenarnya kunci untuk menjaga kulit wajah adalah dengan menjaga kebersihan kulit. Biasakan untuk mencuci muka tiap hari dengan teratur. Jangan lupa selalu membersihkan make up sebelum tidur. Jangan sampai kamu tertidur dengan sisa make up pada wajah. Ingat lah selalu untuk menggunakan sunscreen untuk melindungi wajah kamu dari bahaya sinar UV.

Selain merawat wajah dari luar ada juga loh cara merawat kulit wajah dari dalam. Bagaimana pun juga kita harus seimbang dalam merawat kulit. Jika kamu hanya memperhatikan perawatan yang di luar saja maka akan kurang maksimal. Ada baiknya juga merawat kulit dari dalam dengan menkonsumsi buah dan sayuran, perbanyak minum air putih untuk senantiasa merawat kesehatan kulit kamu dari dalam. Minimalkan memakan makanan yang memiliki lemak tinggi karena dapat membuat wajah kamu berminyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar