Minggu, 13 Januari 2019

Sejumlah Kesalahan Pemakaian Peralatan Rumah Tangga yang Membuatnya Cepat Rusak

Rumah tentu harus diisi dengan berbagai peralatan rumah tangga yang tahan lama dan berkualitas agar tak selalu harus membeli barang baru untuk menggantikan barang yang sudah ada karena rusak. Namun nyatanya memilih perabot rumah tangga yang tepat menjadi hal yang cukup sulit dilakukan. Rupanya, sebagian besar orang memilih perabotan rumah tangga yang salah sehingga berakibat pada pengeluaran yang lebih besar.


Meski Anda sudah memilih peralatan rumah tangga dengan merek terkenal dan harga yang mahal, itu tak menjadi patokan bahwa perabotan rumah tangga itu akan awet. Apalagi, dengan pemakaian yang tidak terkontrol kadang membuat alat-alat rumah tangga ini menjadi cepat usang. Tetapi, banyak cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk merawat perabotan di rumah Anda, yaitu dengan mengetahui kesalahan-kesalahan yang harus dihindari dalam penggunaan dan perawatan alat-alat rumah tangga.

• Menggunakan deterjen tangan untuk mesin cuci

Deterjen khusus mesin cuci tentu memang dibuat untuk digunakan bagi Anda yang mencuci dengan mesin cuci. Mesin cuci yang menggunakan deterjen tangan dalam proses pencucian akan membuat mesin cuci cepat rusak. Pakaian juga tidak akan dapat tercuci dengan bersih karena mesin cuci tidak cukup membilas seluruh busa pada pakaian.

• Membiarkan pakaian yang sudah dicuci dan belum dijemur berlama-lama di dalam mesin cuci

Tingkat kelembaban pada peralatan rumah tangga dapat menyebabkan jamur. Oleh karena itu, pastikan untuk mengeringkan alat-alat rumah tangga tersebut langsung usai digunakan. Khususnya pada mesin cuci. Kelembaban dari pakaian yang dicuci akan menyebabkan kerusakan pada drum. Segera keluarkan pakaian yang telah dicuci dan jemur untuk menghindari jamur. Jangan lupa keringkan bagian dalam mesin cuci.

• Tidak mengeluarkan barang dalam kantong pakaian

Barang-barang yang tertinggal di dalam saku pakaian dapat menyebabkan gesekan ketika mesin cuci berputar. Hal ini dapat merusak saluran air dan sulit untuk diperbaiki. Selain mengosongkan saku, Anda juga bisa menutup resleting dan mengancingkan pakaian sebelum dicuci.

• Bersihkan langsung bagian dalam alat-alat rumah tangga usai digunakan

Alat-alat rumah tangga, seperti rice cooker, pemanggang roti, dan oven harus langsung dibersihkan usai digunakan agar tidak ada bekas makanan yang tersisa di dalam dan merusak mesin pemanasnya. Hal ini juga bisa memengaruhi kesehatan jika tidak dibersihkan dengan benar.

• Memasukkan makanan panas ke kulkas

Makanan yang panas dan dimasukkan langsung ke kulkas dapat merusak temperatur kulkas. Oleh karena itu, dinginkan makanan sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

• Mengisi kulkas hingga penuh

Terlalu banyak makanan di dalam kulkas dapat menghambat sirkulasi udara. Padahal, sirkulasi udara sangat penting untuk menjaga temperatur kulkas.

• Jarang membersihkan kulkas

Kulkas yang kotor dapat memicu pertumbuhan jamur. Lakukan pembersihan sebulan sekali agar kulkas dalam kondisi bersih. Bagian luar kulkas pun jangan lupa untuk dibersihkan.

• Memanaskan makanan di microwave lebih lama

Biasanya, untuk memastikan makanan benar-benar panas. Seseorang memanaskan makanan di microwave lebih dari waktu yang semestinya. Rupanya, ini mampu merusak temperatur pada microwave jika dilakukan terlalu sering.

• Mem-blender bahan makanan kering

Jika blender Anda sering digunakan untuk menghancurkan bahan makanan kering tentu bisa mengakibatkan kerusakan.

• Membuang sampah dan air panas melalui wastafel

Air panas yang dibuang melalui wastafel akan merusak saluran pipa tersebut. Membuang sampah ke dalamnya juga bisa menyebabkan penyumbatan.

• Membiarkan kantung vacuum cleaner penuh

Perlu membuang sampah di dalam vacuum cleaner secara berkala agar tidak terlalu penuh dan merusak peralatan rumah tangga ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar