Senin, 04 Maret 2019

Review Perkembangan Media Online harapanrakyat.com (Harapan Rakyat Online)

Harapan Rakyat Online (HR Online) melalui situs harapanrakyat.com merupakan portal berita yang banyak memberitakan berbagai peristiwa seputar Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kota Pangandaran, Jawa Barat. Walaupun memiliki konten terbatas pada berita lokal dari tiga kota tersebut, tetapi Harapan Rakyat Online telah sukses memiliki pembacanya sendiri. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya berita dan artikel yang dimuat di HR Online yang kemudian dibagikan oleh warga net. Banyak berita-berita yang jadi viral yang kemudian banyak dibicarakan oleh warga net.


Portal berita yang beralamat di Jalan Jumhur Nomor 2, Kota Banjar Jawa Barat ini pertama kali diluncurkan pada November 2010. Awalnya hanya sebagai website profil Koran Harapan Rakyat (Koran HR) dan hanya mengunggah berita-berita yang sudah terbit di Koran HR.

Pada tahun 2013, perusahaan yang sudah ‘mapan’ dengan rintisan media cetaknya sejak 2003 ini mulai mencoba membangun harapanrakyat.com secara lebih serius. Hingga akhirnya, pada tanggal 10 November 2013 saat Koran HR berulang tahun yang ke-10, perusahaan yang dirintis oleh R. Bachtiar Hamara ini meresmikan Portal Berita Harapan Rakyat Online.

Dikutip dari laman web harapanrakyat.com, Direktur Utama PT. Harapan Rakyat Online, Subagja Hamara, mengungkapkan diluncurkannya media daring dengan nama HR Online ini merupakan usaha untuk mengiringi perkembangan zaman. Sebagai media yang sudah berdiri selama 10 tahun, sebenarnya pihaknya tengah menikmati hasil kejayaan media cetak yang terbit sejak tahun 2003 tersebut. “Tuntutan zaman, membuat kami mau tidak mau harus ikut apa maunya pasar,” kata Subagja.

Kala HR Online diluncurkan, memang sudah terlihat media cetak di Indonesia mulai tumbang satu persatu dan dipaksa menyerah pada kehadiran media online. Tetapi rupanya hal tersebut belum dirasakan oleh Koran HR. Tetapi, tentu saja para direksi Koran HR harus berpikir jauh ke depan. Lama-lama imbas beralihnya teknologi dari kertas ke media digital pasti akan dirasakan pula oleh Koran HR. Karena itulah, kata Subagja, sejak tahun 2013 mereka mulai konsentrasi mempersiapkan HR Online.

Keseriusan mereka terlihat dari dipisahkannya manajemen dan redaksi Koran HR dengan HR Online. HR Online sekarang ada di bawah naungan PT. Harapan Rakyat Online, sedangkan Koran HR masih tetap bersama perusahaan PT Harapan Rakyat Media. Hal tersebut diakui Subagja sebagai usaha agar masing-masing bisa fokus dan konsentrasi pada bidangnya masih-masing.

HR Online yang dikelola dengan serius dan lebih fokus diharapkan dapat berdiri sendiri tanpa tergantung pada Koran HR. Diakui Subagja, media daring HR Online justru menjadi lading bisnis baru, sementara media cetak melalui koran HR masih jadi bisnis utama dalam perusahaan.

Konten situs harapanrakyat.com sendiri masih terfokus pada Berita Ciamis, Berita Banjar, dan Berita Pangandaran. Selain itu ada pula kategori Berita Gaya Hidup dan Berita Teknologi. Kini tak kurang dari 60.000 visitor per hari menyambangi portal berita yang disebut-sebut sebagai portal berita paling popular di wilayah Priangan Timur, Jawa Barat ini.

Salah satu kelebihan portal berita yang satu ini adalah lengkapnya informasi seputar Ciamis, Banjar dan Pangandaran, termasuk sejarah dan mitos-mitos yang banyak ditemukan di pelosok Ciamis, Banjar dan Pangandaran.

Harapan Rakyat Online bahkan merajai halaman google melalui kata kunci ‘Berita Banjar’ dan ‘Berita Pangandaran’. Sementara untuk kata kunci ‘Berita Ciamis’ HR Online berada di posisi kedua setelah media online nasional detikcom. Untuk suatu portal berita yang terfokus hanya pada tiga wilayah, hal ini tentu menjadi prestasi tersendiri bagi HR Online. Maka pantas jika kemudian portal berita HR Online kemudian ditasbihkan sebagai media online paling populer se-Priangan Timur Jawa Barat.

Sumber: https://www.harapanrakyat.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar