Tidak Perlu Ribet, ini Cara Mudah Pasang GPS Mobil yang Benar

Di zaman yang serba mewah dan modern seperti sekarang ini, memiliki mobil bukan lagi menjadi hal yang luar biasa. Sebab mobil telah menjadi salah satu kebutuhan dan hampir semua orang telah memilikinya. Bahkan tidak hanya masyarakat kelas atas dan menengah saja, melainkan juga sudah banyak di kalangan masyarakat pas-pasan yang mempunyai kendaraan pribadi sendiri-sendiri.


Sementara di sisi lain, kalangan ahli teknologi kini semakin gencar membuat beragam jenis alat yang bisa digunakan sebagai sistem perlindungan mobil. Salah satu yang saat ini sedang populer di masyarakat adalah GPS mobil. Namun, sebelum menggunakan alat ini, tidak ada salahnya untuk mengetahui cara pasang GPS di http://www.mobil88.astra.co.id/info/berita/baca/3823/Cara-Pasang-GPS-Mobil-Terbaik-untuk-Hasil-yang-Maksimal mobil serta cara mengoperasikannya. Berikut ini tahapan memasang GPS tracker di mobil yang harus Anda pahami, antara lain adalah:
  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan mengambil dua kabel yang terdapat di perangkat GPS, yakni kabel plus dan minus. Pada kabel plus berwarna merah, sedangkan untuk kabel minus berwarna hitam. Kabel plus berwarna merah biasa disebut power langsung. Sedangkan untuk kabel yang berwarna hitam dinamakan ground.
  2. Cara pasang GPS selanjutnya adalah Anda perlu memastikan bahwa kabel plus yang tadi telah tersambung atau terdapat sebuah sekering di sana. Biasanya dalam GPS sudah terdapat sekeringnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah sisi konsleting yang mungkin saja bisa terjadi yaitu konsleting arus pendek. Tentu saja hal ini akan membahayakan perangkat GPS ataupun unit yang nanti Anda pasang pada GPS Tracker.
  3. Lalu, Anda bisa memasang GPS tracker pada bagian mobil dengan cara memasang semua komponen yang dibutuhkan. Setelah itu, GPS tracker tinggal dioperasikan saja dengan otomatis secara online.

Cara yang sudah dijelaskan di atas, mampu dijalankan dengan mudah meski anda buka ahli listrik atau anda belum punya sama sekali pengalaman dalam dunia kelistrikan. Pasti semuanya bisa melakukannya. Cara di atas selain sangat memudahkan bagi anda juga sangat sederhana sebab bisa dilaksanakan kapan pun apabila diperlukan.

Jangan khawatir selama dalam pemasangan itu tidak ada yang salah atau anda tidak menyalakan mesin mobilnya terlebih dahulu, maka semua bentuk tahapan pemasangan pasti berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memasang GPS Di Mobil

Selain mengetahui cara pasang GPS mobil, Anda juga harus mengetahui beberapa hal yang perlu diperhatikan selama pemasangan GPS tracker di mobil, seperti komponen yang sangat dibutuhkan. Semua komponen tersebut harus benar-benar lengkap agar pemasangannya tidak terhambat, mulai dari kabel hingga komponen yang lainnya.

Selain itu, Anda juga perlu tahu betul mana kabel yang plus dan mana kabel yang minus. Jangan sampai penempatannya salah karena dapat mengakibatkan konsleting dan membuat GPS tidak bisa bekerja secara maksimal. Untuk itulah, pilih GPS tracker yang langsung dengan pemasangannya, sehingga Anda hanya tinggal menggunakannya saja.

Fungsi GPS Mobil

Setelah mengetahui cara pasang GPS mobil serta beberapa hal yang perlu diperhatikan, di bawah ini ada 3 fungsi penting dari GPS yang bisa Anda simak:

Navigasi Jalan

Di jalan-jalan besar seperti Jakarta, ditambah dengan kepadatan kendara, rasanya sudah tidak mungkin lagi jika Anda bertanya kesana kemari untuk mengetahui arah jalan. Selain kuno, cara tersebut juga tidak efisien. Ada cara yang lebih canggih yakni dengan menggunakan GPS. Fungsi GPS pada mobil adalah memudahkan penggunanya untuk mengikuti petunjuk arah ketika kebingungan mencari jalan. Dengan memanfaatkan GPS, Anda akan diarahkan oleh suara serta visual jalan yang mengikuti kemana mobil Anda bergerak.

Mengetahui Titik Macet

Manfaat GPS pada mobil lainnya adalah memberikan informasi mengenai titik macet. Sambil menuntun Anda dalam perjalanan, GPS juga akan memberitahukan pada Anda titik mana sajakah yang sedang macet dengan memberikan warna merah pada visual jalan di GPS. Dengan demikian, Anda bisa menghindari jalanan yang macet dan memilih jalanan alternatif yang lebih sepi sehingga sampai ke tujuan jadi lebih tepat waktu.

Mengetahui Cuaca

GPS bukan hanya teknologi penunjukan navigasi jalan, melainkan juga bisa memberikan ramalan cuaca terkini di kota Anda. Jika Anda berencana keluar dengan mobil, sebaiknya Anda melihat derajat cuaca yang ditampilkan pada GPS sehingga Anda bisa lebih efisien dalam melakukan perjalanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar