Memanfaatkan Bakteri Baik Lactobacillus untuk Menyembuhkan Diare

Lactobacillus merupakan bakteri baik yang biasanya ditemukan di dalam usus dan bagian vagina manusia. Bakteri jenis ini bersifat baik, lantaran berbagai zat yang dikeluarkannya, seperti acidolin, acidolphilin, lactocidin dan bacteriocin. Namun ada satu manfaat yang belum diketahui banyak orang, yaitu mengobati diare. Berikut penjelasannya.


Ada banyak spesies Lactobacillus, seperti Lactobacillus casei, Lactobacillus acidophilus dan Lactobacillus rhamnosus. Jenis bakteri ini ramah dan hidup di sekitar sistem pencernaan, saluran kencing, alat kelamin tanpa menimbulkan penyakit. Selain itu, Lactobacillus juga ditemukan di beberapa makanan seperti yoghurt, susu atau olahan susu lainnya.

Lactobacillus digunakan untuk mengobati dan mencegah diare, termasuk jenis infeksi diare akibat virus, seperti yang dialami anak-anak, dan diare pelancong. Lactobacillus juga berguna untuk mencegah dan mengobati diare yang berhubungan dengan penggunaan antibiotic. Beberapa indikasinya yaitu

1. Efektif mengobati diare pada anak-anak yang disebabkan virus

Konsumsi produk yang mengandung Lactobacillus terbukti menyembuhkan anak-anak yang mengalami diare disebabkan karena virus. Jumlah bakteri Lactobacillus setidaknya mencapai 10 miliar unit koloni dan digunakan selama 2 hari.

2. Mencegah diare pada anak yang disebabkan karena antiobitik

Diare yang disebabkan karena antibiotic dapat disembuhkan dengan memberikan Lactobacillus GG dan antibiotic.

3. Mencegah diare saat perjalanan

Diare ini yang biasa ditemukan oleh orang bepergian, atau disebut diare pelancong. Diare pelancong disebabkan karena bakteri, virus dan parasit yang belum pernah masuk ke tubub sebelumnya. Ini bisa diobati dengan dua jenis bakteri baik, yaitu Lactobacillus rhamnosus, dan Lactobacillus GG

4. Mencegah diare akibat kemoterapi

Kemoterapi atau terapi yang dilakukan penderita kanker memiliki efek samping dapat menyebabkan diare. Hal ini disebbkam oleh obatnya yang memiliki efek samping pada sistem pencernaan. Sama seperti untuk diare pelancong, dua bakteri baik Lactobacillus Rhamnosus dan Lactobacillus GG biasanya digunakan untuk menyembuhkan.

Itulah beberapa manfaat bakteri Lactobacillus untuk pengobatan dan pencegahan penyakit diare. Produk-produk obat diare bisa anda dapatkan di beberapa toko, baik online maupun offline. Anda juga bisa membeli produk obat lainnya dalam pada toko online, Go Apotik, seperti contohnya obat luka dalam tautan berikut ini www.goapotik.com/produk/hemolok-1-botol-100-ml.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar