Tips Aman Mengoperasikan Genset

Generator Set atau genset  bukanlah benda yang bisa Anda perlakukan dengan sembarang atau tanpa aturan walaupun genset tersebut adalah genset murah. Karena, salah satu penyebab yang mengakibat munculnya masalah pada genset adalah akibat kelalaian penggunanya. Berikut terdapat beberapa hal-hal yang mampu menjadi bahan pertimbangan Anda beserta informasi waktu yang baik untuk menggunakan genset, baik itu merupakan genset murah ataupun genset dengan harga tinggi agar genset tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

1. Pemasangan Genset

Dalam pemasangan genset disarankan menghubungkannya ke kabel tempat tinggal Anda dengan menggunakan saklar pemindah. Hal ini bermanfaat untuk mencegah genset Anda dari backfeeding saat lampu padam atau kerusakan generator waktu listrik dipulihkan.

2.  Jangan Biarkan Buku Instruksi Begitu Saja

Baca dan ikuti buku instruksi dari pabriknya dengan benar untuk menghindari adanya bahaya dan memastikan operasi berjalan aman dari menggunakan genset Anda.

3.  Penggunaan Kabel Ekstensi

Kabel perluasan dipergunakan untuk penggunaan outdoor dalam menjaga genset dengan safety ketika berada pada luar ruangan. Bila alat memiliki konektor 3 kaki, selalu pakai kabel ekstensi tiga cabang. Gunakaan ekstensi sesuai dengan kompabilitas konektor genset.

4.  Alarm Karbon Monoksida

Pertimbangkan untuk menggunakan alarm karbon monoksida yang dapat dioperasikan menggunakan baterai. Hal ini berfungsi untuk memberitahukan bila kadar karbon monoksida membahayakan nyawa.

5.  Tips lain-lain

Berikut ini adalah tips lainnya:

  • Matikan seluruh alat-alat yang terhubung sebelum memulai genset Anda.
  • Jangan sentuh genset bila Anda pada keadaan basah.
  • Jangan pernah mengisi bahan bakar di saat genset sedang beroperasi karena bisa menyulut bensin dan mengakibatkan kebakaran.
  • Jangan abaikan genset berjalan tanpa pengawasan ataupun mematikannya di malam hari dan dibiarkannya pada luar tempat tinggal.

Jika belum bisa membeli genset kamu juga bisa memutuskan untuk menyewanya. Selain mencari tempat Rental genset murah pastikan kamu menyewa ditempat penyewaan yang memiliki tim ahli dan juga memiliki genset yang berkualitas, seperti di sewatama yang memiliki genset-genset berkualitas dan tentunya Sumberdaya sewatama yang professional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar